Tasty 'Lil Things
Inget jaman dulu waktu masih kecil kalo' liat si ibu bikin roti koq kayanya riweuh banget.
Ada istilah bikin 'biang' dulu dari yeast yang dicampur air. Seingetku dulu ni biang ntar jadi berbuih n mengembang gitu... Baru deh dicampurin ke adonan roti..

Tapi sekarang sih kalo mo bikin roti ga usah seribet itu karna ada ragi instant atau ragi kering (dry baker's yeast). Biasanya dijual dalam kemasan 11gram-an. Kalo mo beli 1 box biasanya isi 4 sachet. Merknya juga macem-macem. Ada fermipan, mauripan or saf-instant kaya di poto. Tapi gunanya sama aja sih... Jadi ga perlu terpatok pada 1 merk aja.


Nah, ragi sendiri tu apa siy? Kenapa koq penggunaannya jadi syarat mutlak kalo mo bikin roti?


Ragi itu sendiri sebenarnya adalah microorganisme, yang bisa aktif kembali setelah mendapatkan suhu dan asupan makanan yang cukup.
asupan makanan yang dimaksud adalah gula dan air, khususnya gula, microorganisme pada pada ragi akan merubah gula menjadi karbondiaksoda, yang kemudian tertahan adonan dan menyebabkan adonan mengembang.
Ragi bisa juga menjadi mati apabila pada saat digunakan atau disimpan terkena suhu ekstrim (sangat panas atau sangat dingin), pada resep-resep indonesia air yang digunakan biasanya air es, untuk membantu menjaga kestabilan suhu ragi (Indonesia panas boo, kalo resep luar malah katanya pakai air hangat, tapi bikinnya di luar negri juga yak, jangan resep luar dibikin di indonesia, kaciaaaann nanti kuenya bantet :D)
Untuk tahu apakah ragi masih berfungsi baik atau tidak, bisa dilihat dengan cara mencampur sedikit ragi kedalam air hangat (dikit aja, cuma buat ngetest koq). Kalau setelah 5 menit gak terlihat adanya gelembung-gelembung yang muncul, artinya ragi tersebut sudah mati dan tidak dapat digunakan lagi.
0 Responses

Post a Comment